3 Tips Menghitung Luas Tanah yang Paling Mudah dan Tepat

3 Tips Menghitung Luas Tanah yang Paling Mudah dan Tepat

 

Broker properti Bandung belum tahu cara menghitung luas tanah yang mudah dan tepat? Simak terus artikelnya di bawah untuk informasi lanjut.

 

Tanah merupakan aset investasi yang paling banyak diminati kalian sekaligus karena tanah dapat dipergunakan untuk berbagai macam usaha dibidang properti. Kecuali, biaya perawatannya pun rendah dibandingkan dengan bisnis properti lain. Tidak heran kalau banyak dari kalian menjadikan tanah sebagai aset investasi jangka panjang, ditambah lagi harga tanah konsisten naik dari tahun ke tahun. 

 

Tapi, perlu kalian tahu dibalik boomingnya investasi tanah banyak juga kasus yang muncul akibat pemilik tanah seperti pencaplokan tanah atau perebutan tanah, Oleh sebab itu, jika kalian bisa membeli aset tanah dalam waktu dekat, kalian harus tahu gimana cara menghitung tanah dengan sangat tepat supaya terhindar dari kasus yang seperti itu, Berikut ada sebagian tips menghitung luas tanah yang sangat akurat.

 

Tips Menghitung Luas Tanah Secara Online

 

Menghitung luas tanah dengan cara online biasanya menggunakan Google Maps. Berikut ini langkahnya:

 

- Menghitung luas tanah bersama mengfungsikan Google Maps cuma dapat dilaksanakan mengfungsikan laptop atau PC dan tidak dapat memfungsikan ponsel.

- Buka Google Maps di browser.

- Setelah dibuka aplikasi tersebut, Google Maps bakal menampilkan peta 2D. Kalian harus mengubah menjadi citra satelit dengan cara klik bagian bawah di kontak bertuliskan satelite.

- Masukan alamat tanah yang akan dihitung.

- Setelah tanah yang inginkan dihitung sudah ditemukan, klik kanan terhadap peta supaya keluar opsi measure distance. Lalu klik pada area yang kalian inginkan.

- Sesudah selesai, hasil pengukuran luas tanah ini bisa langsung terlihat di layar komputer kalian.

 

Cara Hitung Luas Tanah dengan Aplikasi dan Software

 

selanjutnya ada beberapa langkah kalkulasi luas tanah bersama dengan aplikasi software yang bisa kalian coba sendiri: 

 

1. AutoCAD

Beda sama Maps yang hanya bisa digunakan dengan versi desktop, aplikasi AutoCAD dapat dipergunakan dengan mobile juga. Inilah caranya sebagai berikut:

 

- Buat gambar denah rumah yang bergaris polyline agar semua garis menyatu satu sama lain.

- Klik garis yang telah digambar lalu blok, garis yang sudah terblok yang pada awalnya lurus akan berubah menjadi putus-putus.

- Ketik”li” pada command section, kemudian tekan tombol enter pada keyboard kalian.

- Halaman baru yang menginformasikan area tanah yang kalian gambar bakal muncul.

 

2. Geo Area Calculator

Dengan menggunakan aplikasi Geo Area Calculator, mengukur luas tanah bisa jauh lebih mudah. Fitur yang ada pada aplikasi lebih menarik dan memudahkan misalnya fitur peta yang beragam jenis seperti peta normal, peta satelite sehingga hybrid. satuan pengukuran pun beragam mulai dari meter hingga mile.

 

Cara mengukur luas tanah dengan cara manual

 

Jika diatas dijelaskan secara online dan pengguna aplikasi software, dibawah ini bakal dipaparkan mengenai cara mengukur luas tanah dengan cara manual dengan rumus sebagai berikut:

 

jika tanah kalian membentuk persegi panjang maka rumus yang digunakan adalah panjang x lebar atau p x l. Apabila bidang tanahnya berwujud persegi maka rumus yang digunakan adalah sisi x sisi. 

 

Mudah bukan guys cara menghitung luas tanah? Jika kalian ingin membeli tanah di bandung bisa kalian cek broker properti Bandung ini ya!

Comments

Popular posts from this blog

Cuakzzzz

Penampilan Genteng Modern

Katarak Sekunder : Proses Terjadi Hingga Penanganannya